Rss Feed
  1. BOILING POINT

    22.4.11

    Menonton televisi adalah satu dari sekian cara menghilangkan kepenatan gw, disamping menyalurkan bakat Modeling, acting dan 'Ngepet'. Wow... Magic!
    Gw merasa penat dari keangkuhan dunia ini, kerasnya hidup ini, dan jauhnya dari kebahagiaan akhirat yang dijanjikan didalamnya mengalir sungai susu dan madu dan bertebaran bidadari cantik 
    *Iyalah, Mati aja belum*
    Ambil posisi ternyaman ketika acara TV sudah berkumandang, bisa sambil tiduran trus ngemil bantal guling dan karpet. Kalian juga bisa menirunya, Asal ada label 'HALAL jaminan Mutu'.
    *Syarat dan ketentuan berlaku*
    Well, disini gw akan reportase kan acara TV yang sedang menjadi Fenomenol, Sensasi, kontroversi dan tentunya Aktual Tajam dan tak Terpercaya. Ini dia, Tontonan anak nongkrong yang gaulz, namanya MTV- Music Television.
    Tapi disini yang akan kita kulik hanya satu acara yang bagi gw sangat menarik, unik, dan pastinya bisa menghibur dan bermanfaat, inilah 'MTV Boiling Point'. Kalo lo merasa gaulz pasti tahu acara ini, dan bagi
    yang melongo aja, mending cekidot aja tulisan ini. 'Boiling Point' yang biasa disingkat 'BP'. Ingat, bukan, Bimbingan Penyuluhan, Bambang Pamungkas, juga bukan Bang Poyib! Toyib masss...

    Acara BP bisa disaksikan di GlobalTV tiap weekday dijam dini hari. Weks! iya, makanya lo musti Melek biar Gaulz githoo coy...
    Sebelumnya, Ngomongin sejarah MTV di Indoneze ternyata cukup panjang. Menilik dari Wikipedia, 'MTV Indonesia' adalah sebuah cabang stasiun televisi musik MTV. Pertama kali ditayangkan sebagai bagian dari acara-acara di ANTV pada sejak tanggal 1 Januari 1993 pembagian MTV berasal dari negara Amerika Serikat-Kanada, proyektorat MTV Asia juga MTV Asia Tenggara berasal dari Indonesia dan Singapura. Di Indonesia salurannya namanya ; MTV Indonesia, MTV Indonesia kemudian pindah siaran ke Global TV pada tanggal 1 Juni 2002 (diawali oleh ANTV) kemudian tanggal 14 Maret 2003 dan mengudara selama 24 jam. Setelah Global TV memulai siaran penuh dengan acara-acara sendiri pada tanggal akhir 1 Januari 2005, MTV Indonesia ditayangkan selama 12 jam di stasiun televisi tersebut. Dan setelah Global TV makin menambah acara-acara baru, mulai tanggal akhir 24 Agustus 2006, jam tayang MTV Indonesia makin berkurang. Singkat cerita neh, sejak agustus 2010, program MTV ditayangkan pada dini hari sekitar pukul 01.30 wib. *Waktunya Ngiler bos*
    Sebenarnya tidak sedikit yang meminta Globaltv untuk menayangkan kembali acara-acara MTV Indonesia di waktu siang dan sore hari, namun tidak ada tanggapan dari pihak Globaltv. Info lengkapnya cari di wikipedia atau sumber lain seputar MTV Indonesia. *Maaf gw bukan VJ yang berhasil diorbitkan* :) #Ngarep

    Oke, balik ke MTV Boiling Point. Neh pengertian yang diambil dari Sesepuh nya, 'Boiling Points is a prank reality television show, much like the format used on Candid Camera'. Jikalau diartikan dalam bahasa Indonesia, kurang lebihnya seperti Kelekar nyata dimana dihadapkan pada situasi tertentu, yang tentunya bertujuan untuk menguji kesabaran seseorang, dengan 'titik didih' atau 'Batas Kesabaran' tertentu pula, dan jika bisa mencapai waktu tersebut maka akan diberi hadiah. Seratus Dolar Amrik, sekitar sejuta rupiah. *Langsung melek kalo denger duit. Dasar!*
    Ingat, semua terekam dengan Kamera tesembunyi. Kalo diperhatikan, pada kenyataan nya tak semudah yang dibayangkan lho! Apalagi menguji kesabaran seseorang. Sesuatu yang sangat sulit untuk ditahan. Jarang kita bisa menemukan orang penyabar dijaman Gila ini. Benarkan?

    Ini ada contoh situasi Boiling Point, yang barusan gw tonton. Sambil baca, sambil membayangkan ya... Ibaratnya lo yang jadi 'Korban' nya, supaya bisa 'Ngena' cerita gw githo maksudnya para Nongkrongers. Gw adaptasi cerita ini ke situasi di Indonesia. Batas Boiling Point nya: 11 menit.
    >>> Suatu siang yang panas, yang rembulan memancarkan sinarnya, *Sory, Bintang yang bener. Lho?!* lo lagi belanja di Supermarket, Pas lo udah ambil belanjaan dan mau bayar, sekonyong-konyong ada Pria, sebut saja si Budi
    *yang namanya Budi, angkat kaki coba?*
    Menyerobot antrian lo dikasir. Disini mungkin kita masih bisa tolerir. Budi hanya belanja Soft Drink, yang harganya enam ribu perak. Pas dia mau bayar, tak disangka dan di nyana, dia keluarin uang recehan semua nominal seratus perak, lima puluh perak, dan bahkan duapuluh lima perak. Kaget donk lo?! Gile neh orang abis bongkar celengan kali. sambil 'memuncratkan' recehan yang bejibun ke meja kasir dia mulai menghitung sampai terkumpul enam ribu. Mungkin lo akan terdiam sesaat, sambil lihat Budi sibuk ngitung. Pas ngitung, tak disangka Budi orang yang rada O'on soal menghitung.
    Walhasil lamaaa sekali dia menjumlahkan. Lo pasti mulai komplain, menggerutu atau malah meng-cancel belanjaan lo dan langsung pergi. Jika benar lo langsung pergi, maka lo dinyatakan 'gagal', karena belum sampai 11 menit waktu yang ditentukan, lo sudah cabut.
    *Saya masih sabar kok masss...Baiklah akan saya lanjutkan dongeng nya*
    Disaat sibuk menghitung, tiba-tiba Budi tanpa sengaja menjatuhkan recehan yang banyak itu ke lantai. OMG! Tidaaak!
    "Bisa bantuin saya mengumpulkan recehan ini? daripada anda diam saja?" Mohon si Budi ama lo. Meski dengan terpaksa, Lo coba untuk bantu, tanpa berucap sedikitpun.
    Beberapa menit terlewat,
     *masih sabar?! lanjuttt...*
     recehan yang dibayarkan ternyata kurang. Budi menuduh lo yang mengambilnya, dan minta dompet lo diperiksa.
    *Enak aja!! Masih sabar sodara-sodara? Masih...*

    Disinilah kemarahan lo yang semula terpendam, akan meluap! Mulai dari kalo nggak punya duit, tak usah belanja. Sumpah, hidup lo ribet banget! atau lo bikin lama gw belanja! dan tetek bengek kemarahan yang meluap dari bibir lo yang semox itu.
    Klimaks dari situasi ini, akan ditentukan apakah lo akan keluar kata-kata kasar, marah, atau tetep 'cool' aja. Karena, jika sedikit saja keluar kata-kata kasar atau menelpon polisi, maka akan di diskualifikasi. Dilihat dari muka-muka kalian, kayaknya sebagian besar akan marah dan tak bisa bertahan di sebelas menit. Tapi kalo ada yang merasa, 'gw bisa sabar kok', berarti gw acungin 5 jempol deh.
    *yang satu pake jengkol*
    Bagaimana reaksi kalian jika dihadapkan situasi kayak diatas? jawab dengan hati nurani. Ayo, siapa yang namanya Budi dijawab. Jangan bohong, Nyontek boleh.

    Trus apa manfaatnya acara 'Boiling Point'? Yap! Itulah 'Kesabaran' diuji didalamnya. Ini sangat erat kaitannya dengan Kehidupan kita sehari-hari. Pernah kan ngalamin tekanan hidup? masalah bertubi-tubi? nunggu temen yang datangnya telat mulu? planing acara yang ternyata tidak jadi? Atau Punya pacar yang ternyata 'nakal'? Bahkan udah dilamar seseorang, ternyata tak jadi menikah? Atau situasi-situasi lain yang menguji kesabaran kalian. Ini bisa terjadi kapanpun, dimanapun, dan siapapun. Seperti setiap hela nafas kita, selalu terdapat ujian kesabaran. Bukan begitu kawan-kawan?  :)

    Yuk, kita korek dulu kesabaran itu apa? Kenapa ada orang yang sabar dan ada juga yang mudah marah? Trus bagaimana supaya bisa bersabar? Adakah kiat jitu yang asyik buat belajar semua ini? Semuanya bisa kita pelajari kok. Dont worry, Be horney... :)

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sabar adalah tahan terhadap cobaan, tidak tergesa-gesa, tidak lekas marah, putus asa dan patah hati. Sedang menurut hemat gw, Sabar berarti mampu menahan diri dan 'stay cool man!' :)
    Lalu apa yang menyebabkan orang mudah marah? Sebenernya ini erat kaitannya dengan keadaan emosi seseorang dan sangat komplek skaligus tak bisa dipukul rata. Tapi dalam konteks umum, ada beberapa faktor. Ngulik bareng nyok...
    1. Merasa sakit hati terhadap Perbuatan, ucapan, dan situasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan. Dalam keseharian, banyak dijumpai jenis sifat manusia. Ada yang cuek, sopan, Angkuh, ceplas-ceplos, diam baik dalam sikap atau ucap. Ini sangat berpengaruh dikala ke-sensitif-an seseorang muncul. Didalam diri kita, ada hal sensitif yang tak bisa diganggu gugat! ketika sedikit saja 'dicolek' bisa berakibat Fatal. Marah membabi buta! Be careful...
    Hal lain yang ditemui dikehidupan sehari-hari adalah adanya pengingkaran/ Pengkhianatan dan Pembohongan yang mengakibatkan kekecewaan. Dari sini akan muncul 'kuncup' benci yang memicu kemarahan itu sendiri. Emang ga enak kalo ternyata dibohongi, Apalagi Dibohongi soal Cinta. Ceileh...
    Satu hal lagi yang yaitu terciptanya suatu kegagalan dalam Hidup. Entah itu cita-cita, impian, meniru seseorang dan sesuatu yang ingin di capai. Walhasil terjadi kedongkolan, perasaan sedih, putus asa, dan bisa juga 'penyakit hati' seperti iri, dengki, hasut, dusta dan perasaan negatif lainnya. Waspadalah! Waspadalah! Begitu pesan bang Toyib! :)

    2. Rasa kekesalan yang memuncak dari hal-hal yang dia pendam selama ini, kemudian karena tak kuat maka meluap jadi Amarah Hebat. Seperti kata Pepatah, "Ingat, sabar itu ada batasnya kawans". Sudah menjadi manusiawi jika, sesabar-sabarnya kita pasti suatu saat akan membunah jua. Waktu yang menjawab atas semua ini.

    3. Masalah yang bermasalah dalam Intern. Dimaknai sebagai, Buruknya pengendalian diri dan kontrol emosi yang labil. Menanggapi segala sesuatu dengan mengedepankan emosi marah tak akan menyesaikan masalah. Memperumit masalah iya! Entah ini memang karakter dasar seseorang atawa ke-ego-an diri.

    4. Ternyata dalam segi kesehatan, Amarah bisa muncul karena rasa Lapar. Bersumber dari Livestrong edisi Desember 2010, rasa lapar memang mudah memicu amarah. Hal ini disebabkan bila orang dibiarkan lapar dalam jangka waktu lama, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya sangat terganggu.
    Akibatnya, pasokan glukosa (gula) yang mencapai otak menjadi berkurang. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya. Adapun Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia inilah yang akan membuat amarah seseorang menjadi naik, sehingga mudah tersinggung dan marah. Gula darah rendah juga dapat disertai dengan kecemasan, kelelahan dan sakit kepala. Bila tingkat serotonin dalam tubuh rendah juga dapat membuat orang mudah tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol suasana hati, nafsu makan dan tidur, juga merupakan hormon yang membuat orang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif. Serotonin disintesis dalam tubuh dengan bantuan asam amino yang disebut triptofan. Yang penting, triptofan tidak terbentuk di dalam tubuh dan harus dipasok oleh makanan. Dengan demikian, menambahkan menu harian dengan makanan kaya asam amino esensial menjadi sangat penting.
    Banyak ahli gizi di seluruh dunia juga merekomendasikan mengatasi amarah dengan makanan yang mengandung glukosa atau makanan peningkat suasana hati untuk mencegah rasa lapar. Diet yang kaya protein, lemak dan serat akan membantu mencegah kelaparan. Wow!

    Pastinya dari sekian penyebab tadi pasti kalo kita amati dari peristiwa 'Boiling Point' diatas, sangat berkaitan erat, baik karena kekesalan yang memuncak , ketidaksabaran, dongkol, situasai yang tidak sesuai dengan yang diinginkan dan sebagainya-sebagainya-sebagainya-sebagainya... Stop!!

    Begitu kita dapati sebab-penyebab marah, pastinya akan afdol bin halal bin yahud kalo memahami solusinya juga. Siapapun pasti, dalam lubuk hati yang paling dalam ingin merubah suatu kebiasaan, bahkan sifat hal yang tidak baik bagi diinya maupun disekitarnya. Menjadi orang baik itu dambaan siapapun! So, KULKAS nyok... *Kita Ulas Kawans nyoook* :)

    Yang Pertama, Mari kenali Amarah yang kita rasakan. Coba ambil waktu sedikit, tahan nafas dan keluarkan pelan-pelan. *Jangan keluar juga yang bawah* Ulangi sampai nafas yang semula menggebu-gebu dan kepala serasa mau pecah, apalagi dada sesak pengen ngunyah orang! Ulangi sampai dirasa nafas agak tenang. Kemudian coba hindari situasi/orang/apapun yang menyebabkan kemarahan lo, sembari yakinkan diri bahwa lo bisa hadapi semua ini dengan tenang, "Gw harus sabar...Ini bukan masalah besar. Harus!" dengungkan dalam hati sehingga akan ada sedikit keyakinan kita bisa menahan sesaat.

    Kedua, nafas sudah mulai stabil, amarah sedikit berkurang, tinggal pikiran coba diarahkan pada Positif thingking dan berfikir realistis. Jika itu mampu diarahkan, pastilah mencari jalan keluar jadi suatu keharusan berikutnya!  Bicarakan baik-baik semua, apa penyebabkan, harus bagaimana, maunya apa, tinggal disatukan dan dicari solusi terbaiknya. Stay cool please...

    Berikutnya langkah yang ketiga, Sadari bahwa kekerasan/amarah itu tidak akan menyelesaikan masalah. Justru memperuncing. Efek yang ditimbulkan pun juga akan berkepanjangan. Selalu jadi beban, jadi pikiran, hidup jadi tidak tenang karena seakan-akan dibayang-bayangi musuh, merusak reputasi diri dan tindakan yang konyol bagi orang seberharga seperti diri kalian semua.

    Next, Jika dalam satu waktu tersebut tidak ada penyelesaian karena tak ada kesepakatan dikedua pihak, coba gunakan pihak ketiga yang adil dan bijaksana dalm 'problem solving' pengambilan keputusan suatu masalah. Atau mungkin terjadi, kedua belah pihak tidk ada yang mau memulai maaf, karena dirasa tak bersalah, lebih baik jangan dilanjutkan dulu, ini bakal menimbulkan perdebatan yang tak berujung. Buang-baung energi dan waktu saja. Cukup saling mendiamkan diri dan menghindar sesaat. Cari waktu yang tepat, untuk membicarakan yang sebenarnya terjadi. Lambat laun pasti ada pencerahan. "Lebih cepat lebih baik". Colek Pak Jusuf kalla :)

    Kemudian yang kelima, Pikirkan, 'Tak peduli siapa yang disalahkan atau menyalahkan. Yang lebih mulia adalah menyelesaikan dengan hati yang besar, dan 'memaafkan' itu sikap yang sangat Dewasa. Disitu, tanpa disadari, akan menemukan kedamaian tersediri yang hanya kita yang merasakan nya. Percayalah! Damai itu Indah kawans"

    Tapi bagaimana kalo kiat-kiat diatas belum bisa juga menyelesaikan masalah? coba pake jurus jitu Agama. Ehem... Maaf jiwa Ustadz saya keluar jamaah... Simple aja, Segera istighfar begitu amarah mulai bergejolak. Lalu atur nafas se normal mungkin. Jika marah dalam keadaan berdiri, maka cobalah untuk duduk. Jika Kondisi marah duduk, cobalah untuk berbaring. Niscaya dengan sedikit gerakan yang berbeda akan bisa menenangkan sekejap. Ingat, Amarah itu salah satu godaan syetan. Sungguh, Allah selalu bersama-sama orang yang sabar. Ambil air wudhu. Begitu air membasahi tubuh kita, rasakan secara dalam dan perlahan begitu besar karunia Allah. Teduh dan menyejukkan.  Dirikan lah sholat. Berdoa dan Mohon ampun pada-Nya. Semoga diberikan jalan yang bisa segera selesai masalah yang ditimpa dan dijauhkan dari Godaan syetan. Amien....

    Oiya, satu hal yang unik, jika marah dikarenakan rasa lapar, seperti salah satu penyebab amarah di atas yang udah dijelasin, maka ada solusi yang musti di coba. Setidaknya bisa meredam amarah. Semua tentang makanan. Dari muda.kompasiana.com dan sumber lainnya. Yuk... Blender dimari kang...
    a. Pisang
    Pisang adalah sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah Anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Disamping itu, pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan. Doyan kan sama pisang? *keliatan dari muke lo coy* :)
    b. Kacang Almond
    Almond banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar makanan yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah. *Ngemeng-ngemeng Almond tuh yang mana tuh kang? Gw juga bingung yang mana!*
    c. Keju
    Keju merupakan sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah. Wuihh... Yang ini gw doyan. Maklum blesteran Kompeni. *Ngok*
    d. Jus jeruk manis
    Satu gelas jeruk manis juga bisa menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya, sehingga berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya. Seger coy...
    e. Dan Coklat. Soal coklat bisa dibuktikan langusng aja ya... Serius! Susah diungkapin rasanya pas lagi dongkol trus dikasih coklat. Mak ceeesss.....

    Well, Mari bos, sama-sama belajar mengendalikan diri. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin kan? Hidup ini Indah jika kita mau saling "PLUR"- Peace, Love, Unity, and Respect. (Cinta Damai Bersatu dan saling Menghargai) Sedeeeep.....

    Mas-mas mau tanya kalo, Udah dipraktekin semua tapi tetep aja marah?! Singkat kata, Anda benar-benar tidak mensyukuri Hidup ini. Sama aja syurga lo tolak!

    Kuncup Bunga harum mewangi, Lebat daunnya mekar berseri
    Hidup bahagia saling berbagi, Nikmat karunia kan kau dapati.

    -Perbanyaklah bergaul dengan orang-orang yang bisa mengajarkan mu tentang kekuranganmu-

    NB: Remember guys! Boiling Point Mengudara di dini hari. Nyalakan Alarm! Dan saksikan bagaimana intrik dan konflik terjadi. Seratus dolar man! :)




    Comment on Twitter @siwax